Persiapan Perubahan Bentuk dan Visitasi STAKN Palangka Raya menjadi IAKN Palangka Raya


Tanggal Upload: 13-07-2019
Pukul : 12.58 WIB

Kampus Ungu mengadakan Focus Group Discussion(FGD) persiapan perubahan bentuk dan visitasi STAKN Palangka Raya menjadi IAKN Palangka Raya (13/07/19). Acara yang dilaksanakan tepatnya di Aula Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya, mengundang Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI dan jajarannya, Tim visitasi dan juga sekaligus menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion(FGD) ini Hanung Cahyono selaku Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Negara RI, Dyah Arianti selaku Kepala Bidang Agama Pendidikan Riset dan Teknologi, Derryansyah Siregar selaku Kasub Bidang Agama dan Pendidikan dan dari Sekretariat Kementerian Agama Drs. Afrizal Zen, M.Si selaku Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama. Tampak hadir juga Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh staf ahli Gubernur bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kalimantan Tengah Endang Kusriatun, MM, Kepala Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota, Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palangka Raya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng/Kakanwil Kota Palangka Raya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota Palangka Raya , Kabid Bimas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng, Pembimas Kemenag Kota, Ketua Denominasi Gereja, Ketua FKUB Kota dan Provinsi Kalteng, Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kapolda Kalteng, Kejati Kalteng, Civitas Akademika STAKN Palangka Raya.

Acara dimulai dengan persembahan Tarian dari UKM seni Tari Kampus Ungu, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan 5 (lima) Nilai budaya kerja, dan doa yang dibawakan oleh Merilyn, M.Th. Focus Group Discussion ini dibuka oleh Telhalia, M.Th., D.Th Ketua STAKN Palangka Raya, ketua dalam laporannya juga sebagai Ketua Panitia mengatakan alih status ini sangat penting bagi STAKN Palangka Raya terlebih dalam mendukung Palangka Raya menjadi ibukota Indonesia yang baru. Beliau juga mengucapkan Terima Kasih kepada smua pihak yang mendukung transformasi STAKN menjadi IAKN Palangka Raya.

Sambutan dari Gubernur Kalimantan Tengah dalam hal ini diwakili oleh staf ahli Gubernur bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kalimantan Tengah Endang Kusriatun, MM, mengatakan bahwa beliau (Gubernur) sangat mendukung Transformasi Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya menjadi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan penilaian tim visitasi. Gubernur juga mengharapkan agar Institut ini bisa menyiapkan segala hal yang diperlukan dalam visitasi ini. Arahan tim visitasi mengatakan jika nanti sudah berhasil menjadi Institut maka akan terus dievaluasi baik akreditasi per jurusan maupun dosen-dosen serta staf yang ada, ketika ada perubahan bentuk diharapkan mahasiswa juga bisa bertambah, budaya kerjanya juga bisa diubah menjadi lebih baik lagi. Penutupan secara resmi dilakukan oleh Direktur Jenderal Bimas Kristen Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si. Sebelum menutup acara secara resmi beliau menyampaikan sambutan dan mengatakan dan mengharapakan bila nantinya Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya berhasil bertransformasi menjadi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya diberikan nama bukan hanya IAKN Palangka Raya saja, dan juga agar nantinya bisa lebih meningkatkan kualitas maupun kuantitas institusi.

Kembali >